Pengaruh Hipnotis Terhadap Kehidupan Manusia


Setiap wanita memiliki kelemahan psikologis yang dapat dimanfaatkan saat Anda melakukan pendekatan. Kelemahan wanita ini bisa membuat mereka terpikat pada Anda di bawah 7 MENIT! Info Selengkapnya »»

Pengaruh Hipnotis Terhadap Kehidupan Manusia
Sering kita mendengar kata tentang hipnotis, entah melalui media cetak ataupun media elektronik. Dan baru-baru ini saya mendengar ada teman dan kerabat saya yang tertipu dengan menggunakan hipnotis.

Mereka ditipu hingga dengan rela menyerahkan seluruh uang tabungannya beserta perhiasan emasnya tanpa merasa curiga sedikitpun kepada pelaku. Berdasarkan kejadian tersebut, saya akan mencoba menguraikan tentang pengertian hipnotis, manfaat hipnotis, cara kerja hipnotis, pengaruh hipnotis, efek samping setelah di hipnotis dan cara mencegah hipnotis. 

Pengertian Hipnotis

Hipnotis berasal dari kata hypnos yaitu sebuah nama dewa tidur bangsa Yunani. Tetapi perlu anda ketahui bahwa keadaan hipnotis tidaklah sama dengan keadaan orang tertidur. Apabila orang tertidur, ia tidak menyadari dan tidak bisa mendengarkan suara-suara yang ada disekitarnya, sedangkan orang terhipnotis, ia masih bisa mendengar dengan jelas dan merespon semua informasi yang diterimanya walaupun tubuhnya tertidur. Menurut wikipedia pengertian hipnotis adalah suatu kondisi pikiran di mana fungsi analitis logis pikiran direduksi sehingga memungkinkan individu masuk ke dalam kondisi bawah sadar (sub-conscious/unconcious), dimana tersimpan beragam potensi internal yang dapat dimanfaatkan untuk lebih meningkatkan kualitas hidup. Individu yang berada pada kondisi “hypnotic trance” lebih terbuka terhadap sugesti dan dapat dinetralkan dari berbagai rasa takut berlebih (phobia), trauma ataupun rasa sakit. Sedangkan menurut kalangan akademisi psikologi, pada tahun 2005, yaitu oleh Society for Psychological Hypnosis, sebuah divisi kerja dari American Psychological Association (APA) definisi terbaru dari hipnosis adalah teknik terapi dimana clinicians (ahli psikologi, dokter, dsb) membuat saran/sugesti kepada individu yang telah menjalani prosedur yang dirancang agar santai dan fokus pada pikiran mereka.

Di bawah ini diuraikan tentang pengertian hipnotis dari beberapa ahli yang berbeda-beda diantaranya,

Pertama,
Hipnotis atau yang sering juga disebut dengan hipnoterapi ialah suatu keadaan dimana pikiran dalam keadaan setengah sadar. keadaan ini biasanya bisa dicapai dengan bantuan hipnoterapis. Saat seseorang berada dalam pengaruh hipnotis, perhatian orang tersebut akan lebih fokus, dia merasa nyaman dan relaks, lebih terbuka terhadap saran serta kurang kritis. Dengan begitu, hipnoterapis bisa membantu anda dalam mengendalikan tingkah laku, emosi dan kondisi fisik anda.

Kedua,
Hipnotis adalah suatu kondisi yang menyerupai tidur yang dapat secara sengaja dilakukan kepada seseorang, di mana seseorang yang dihipnotis bisa menjawab pertanyaan yang diajukan, serta menerima sugesti dengan tanpa perlawanan.

Ketiga,
Hipnotis adalah teknik atau praktek dalam mempengaruhi orang lain untuk masuk ke dalam kondisi trance hipnotis. 
Hipnotis adalah suatu kondisi di mana perhatian menjadi sangat terpusat sehingga tingkat sugestibilitas (daya terima saran) meningkat sangat tinggi. 

Keempat,
Hipnotis adalah seni komunikasi untuk mempengaruhi seseorang sehingga mengubah tingkat kesadarannya, yang dicapai dengan cara menurunkan gelombang otak dari Beta menjadi Alpha dan Theta. 

Kelima,
Hipnotis adalah seni komunikasi untuk meng-eksplorasi alam bawah sadar. 

Keenam,
Hipnotis adalah kondisi kesadaran yang meningkat.

Ketujuh,
Hipnotis adalah fenomena alami dan normal anda mengalami kondisi mirip hipnotis minimal dua [2] kali dalam sehari, yaitu saat anda akan tertidur dan bangun tidur tapi masih malas untuk bangun. Pada saat itu, seluruh tubuh anda beristirahat tapi pikiran anda masih bekerja walaupun setengah sadar.


Perbedaan antara hipnotis, hipnotisme, hipnosis, hypnotism dan hypnosis

Tidak ada perbedaan arti antara kata hipnotis, hipnotisme, hipnosis, hypnotism dan hypnosis. semua itu hanyalah istilah-istilah yang berbeda untuk menyebut suatu hal yang sama. Kata hipnotis, hipnotisme dan hipnosis dipakai di Indonesia. Sedangkan kata hypnotism dan hypnosis dipakai dalam Bahasa Inggris. Di Malaysia istilah hipnotis kurang dikenal oleh masyarakat. Orang malaysia menyebut hipnotis dengan nama "Pukau". 

Manfaat Hipnotis

Manfaat dari hipnotis adalah dapat mengubah perilaku yang negatif, seperti merokok, ngompol dan makan berlebih, mengurangi atau menghilangkan rasa takut, stres dan kecemasan, meredakan gejala-gejala yang berkaitan dengan gangguan lambung dan usus,dll. Dalam keadaan perang, hipnosis atau hipnotis bisa digunakan untuk ‘menghilangkan’ rasa sakit tentara yang hendak diamputasi. 

Menurut Brendan L. Smith (2011), Hipnotis dapat membuat kondisi yang sangat santai, konsentrasi batin dan perhatian terfokus pada diri pasien. Hipnotis juga dapat disesuaikan dengan metode pengobatan yang berbeda, seperti terapi kognitif-perilaku. Pasien yang dihipnotis juga dapat menjadi lebih berdaya dengan belajar untuk menghipnotis diri (self hypnosis) di rumah untuk mengurangi rasa sakit yang dideranya, meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi beberapa gejala seperti depresi dan kecemasan.

Berikut ini beberapa manfaat lain dari hipnotis yang telah dibuktikan dengan penelitian :  

Pertama, Relaksasi untuk pasien sakit kronis seperti rheumatoid arthritis. 

Kedua, Pengobatan dan pengurangan rasa sakit selama melahirkan. 

Ketiga, Pengurangan gejala demensia (kehilangan kemampuan kognitif global). 

Keempat, Hypnotherapy dapat membantu untuk pasien ADHD (Attention deficit hyperactivity disorder; gangguan perkembangan). 

Kelima, Pengurangan mual dan muntah pada pasien kanker pada saat menjalani chemotherapy. 

Keenam, Mengontrol rasa sakit selama prosedur pengobatan gigi. 

Ketujuh, Teknik perbantuan yang digunakan dalam pengobatan penyakit kulit, termasuk kutil dan psoriasis.

Kedelapan, Pengentasan gejala asosiasi dengan Irritable Bowel Syndrome.

Cara Kerja Hipnotis 

Cara kerja hipnotis menurut para hipnoterapis, yaitu hipnotis bisa menciptakan sebuah pikiran yang sangat relaks dan tenang. Berikut ini ada beberapa hal yang akan terjadi pada saat anda dihipnotis, yaitu sebagai berikut :

Pertama,
Anda bisa berkonsentrasi penuh pada satu pikiran, ingatan, perasaan atau sensasi tertentu dan anda juga bisa mengabaikan segala gangguan dari luar. 

Kedua,
Anda menjadi jauh lebih terbuka dalam menerima saran, hal ini bisa digunakan untuk mengubah tingkah laku sehingga dapat meningkatkan kondisi kesehatan dan kondisi fisik anda secara umum. 

Pengaruh Hipnotis

Hipnotis memiliki pengaruh yang berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya. beberapa orang yang terhipnotis akan merasakan relaks/relaksasi yang tinggi dalam keadaan terhipnotis, sementara beberapa orang yang lainnya merasakan bahwa tindakan mereka terjadi di luar kesadaran mereka. Tetapi ada juga seseorang yang sepenuhnya tetap sadar dan mampu melakukan percakapan pada saat di bawah pengaruh hipnotis. 

Efek Samping Setelah di Hipnotis

Hipnotis sangat aman apabila dilakukan oleh orang yang kompeten di bidang ini. Sama sekali tidak ada efek samping yang merugikan apabila hipnotis yang sudah terlatih dengan baik. Mungkin Anda takut tidak bisa bangun dari hipnotis atau takut akan kehilangan ingatan anda setelah bangun dari kondisi terhipnotis. Namun faktanya, tidak pernah ada orang yang tidak bisa bangun akibat terhipnotis atau menjadi lupa ingatan karena terhipnotis. Sebaliknya, hipnotis memberi efek samping positif yaitu meningkatnya konsentrasi orang yang dihipnotis. 

Cara Mencegah Hipnotis


Beberapa cara yang bisa dilakukan agar kita terhindar dari hipnotis, yaitu sebagai berikut :

Pertama,
Jangan membiarkan pikiran anda kosong ketika berada di daerah umum. Pikiran kosong dapat mengakibatkan gerbang telepathic terbuka, sehingga pihak lain dapat dengan mudah menyampaikan pesan secara telepathic. 

Kedua,
Waspadalah jika tiba-tiba timbul rasa kantuk yang tidak wajar, ada kemungkinan bahwa seseorang yang bermaksud negatif sedang melakukan "telepathic forcing". 

Ketiga
Bagi mereka yang memiliki kebiasaan "latah", sebaiknya jangan bepergian ke tempat umum tanpa teman. Mereka yang mempunyai kebiasaan "latah" cenderung memiliki gerbang bawah sadar yang mudah dibuka paksa dengan bantuan kejutan (Shock Induction). Hal yang sama juga berlaku bagi mereka yang mudah terkejut. 

Keempat,
Jangan mudah panik jika tiba-tiba ada beberapa orang yang tidak dikenal mengerumuni anda untuk suatu alasan yang tidak jelas. Sekali lagi jangan mudah panik! Karena rasa panik akan mempermudah terbukanya gerbang bawah sadar anda! 

Kelima,
Jangan mudah panik jika tiba-tiba ada seseorang yang menepuk bahu anda! Usahakan agar pikiran dan panca indera anda tetap aktif ke seluruh lingkungan! Jangan terfokus pada ucapan-ucapan orang yang menepuk anda! Segera berpindahlah ke daerah yang lebih ramai! 

keenam,
Jika secara tiba-tiba, tanpa alasan yang jelas, dada anda terasa sesak, dan diikuti dengan perut agak mual, dan kepala sedikit pusing, waspadalah karena mungkin ada seseorang tengah mengerahkan energi gendam! Segera lakukan "grounding", yaitu meniatkan membuang seluruh energi negatif ke bumi (cukup visualisasi) . 

Ketujuh,
Jika terjadi hal-hal yang mencurigakan, segera sibukkan pikiran anda, agar tetap berada di frekwensi yang mengakibatkan efek Hipnotis tidak dapat bekerja! Antara lain dengan : berdoa dalam hati, menyanyi dalam hati, atau memikirkan hal-hal yang berat!

kedelapan,
Akhirnya, tanamkan terus menerus di dalam diri anda, bahwa Hipnotis tidak akan bekerja bagi mereka yang menolaknya! Hal ini juga berlaku untuk ilmu gendam!

Demikianlah uraian pebahasan tentang hipnotis, semoga bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita bisa terhindar dari kejahatan pelaku hipnotis. Aamiin

Rujukan 

http://nabylhipno.blogspot.com/2010/03/pengertian-hipnotis.html
http://www.anehdidunia.com/2012/04/pengertian-dan-cara-mencegah-hipnotis.html
http://www.duniapsikologi.com/hipnotis-pengertian-dan-manfaatnya/
http://masterhipnotis.com/hipnotis_modern.htm

Anda pria single? mau memiliki pasangan? Yuk cari tahu bagaimana cara memikat hati wanita dalam waktu 7 menit dengan cara klik disini!»»

SILAHKAN DI SHARE ARTIKEL INI
Comments
6 Comments

6 komentar:

  1. ternyata ada juga cara mengantisipasi gendam...saya sangat suka artikel ini...bermanfaat sekali,,,,salam :-)

    BalasHapus
  2. ternyata berpengaruh juga ya hipnotis dengan kehidupan, saya malah baru tahu hehe Thanks informasinya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba...salam silaturahmi yaa... :)

      Hapus
  3. Semangkin menambahkan ilmu saya tentang hipnotis,, terima kasih.. :)

    BalasHapus
  4. Sama-sama mas, semoga bermanfaat... :)

    BalasHapus